Ciri-Ciri Sekolah Yang Berkualitas

Ketika anda memilih sekolah, anda pasti mencari sekolah yang berkualitas untuk anak anda. Oleh karena itu pastikan sekolah yang bener bener mumpuni dan mampu mengantarkan anak didik anda menjadi manusia yang sukses dan mampu menciptakan hal baru serta mandiri. Tentu sekolah yang berkualitas akan mempengaruhi pendidikan yang akan diterima oleh anak anda nanti. Adapun Ciri-ciri sekolah berkualitas itu tidak dilihat tercermin bangunan sekolah yang megah, fasilitas pembelajaran yang lengkap, atau label internasional yang disandang sekolah.Karena itu tidak menjamin bahwa sekolah itu benar-benar berkualitas dan cocok dengan pola belajar anak anda.

Sekolah yang mahal kadang bisa menimbulkan masalah, tidak hanya untuk pendapatan ekonomi anda tetapi juga dapat menimbulkan masalah social untuk anak anda.Nah berikut ciri-ciri sekolah yang berkualitas yang perlu anda ketahui, yaitu:

Mempunyai visi dan misi yang jelas

Adapun ciri-ciri sekolah yang berkualitas yang pertama adalah sekolah mempunyai visi dan misi yang dapat membangun karakter positif siswa serta dibarengi dengan prestasi akademik yang tinggi pula. Visi Misi sekolah sangat penting dipertimbangkan untuk memilih sekolah anak anda, karema biar kita tau , tujuan besar sekolah dalam mendidik anak bangsa.

Program pelatihan untuk guru secara terpadu

Sekolah yang memiliki program pelatihan untuk guru secara terpadu serta simultan yang akan melahirkan mutu pembelajaran yang efektif dan Menyenangkan untuk anak. Pentingnya pelatihan yang diberikan kepada guru, mengingat era globalisasi menjadikan perkembangan teknologi semakin meningkat, sehingga pentingnya mengasah kemampuan guru secara terus menerus agar mampu menghadapi perkembangan zaman, sehingga berperan untuk mengantarkan anak didik menjadi siswa yang berkwalitas dan mampu bersain di era Teknologi Informasi sekarang ini.

Sekolah memiliki karakteristik secara komprehensif setiap potensi serta kecerdasan dari siswa

Sekolah yang berkualitas tentu mengimplementasi pendidikan karakter komprehensif di Sekolah terdiri atas 4 metode yaitu inkulkasi (inculcation), keteladanan (modeling), fasilitasi (facilitation), dan pengembangan keterampilan (skill building) dilakukan secara berkesinambungan sebagai sebuah sistem yang utuh dan menyeluruh. Hal tersebut tentu saja melibatkan peran seluruh elemen sekolah dari kepala sekolah, guru, komite, orang tua dan peserta didik.

Pembelajaran yang inovatif dan interaktif

Pentingnya pembelajaran inovatif dan interaktif adalah guna merancang munculnya kemampuan dan sikap kritis atau rasa ingin tahu siswa sesuai dengan usia pertumbuhannya.

Sekolah berfokus pada upaya untuk mencegah masalah yang muncul

Pentingnya Fokus mencegah timbulnya masalah , dengan berkomitmen untuk bekerja dengan benar dari awal, ini ditunjukkan dengan adanya SOP (Standard Operating Procedure).

Penutup

Demikian beberapa ciri sekolah yang berkualitas , pastikan anda menjadikan ini sebuah rujukan untuk memilih sekolah buat anak anda. Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *