Tata Cara Pendaftaran Online Universitas Surabaya

daftar kuliah online

UBAYA adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Saat ini, UBAYA membuka kesempatan daftar kuliah online terbaru yang ingin melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Bagi kamu yang tertarik untuk mendaftarkan diri sebagai mahasiswa baru di Universitas Surabaya, terus baca artikel ini untuk mendapatkan informasi penting yang akan kamu butuhkan, ya!

Pendaftaran Online Universitas Surabaya

Sebagai referensi awal, terdapat dua jalur utama yang tersedia untuk mendaftarkan diri secara online sebagai mahasiswa baru di Universitas Surabaya. Dua jalur utama tersebut adalah Jalur Tanpa Tes (Jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan atau JPMK), serta Jalur Tes atau Jalur Umum.

Sesuaikan pemilihan jalur-jalur masuk tersebut dengan jurusan yang kamu impikan, ya! Untuk cara daftar Universitas Surabaya, berikut adalah penjelasannya:

1. Jalur Tanpa Tes

Jalur Tanpa Tes dikenal juga dengan sebutan Jalur Prestasi atau JPMK, yaitu Jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan. Melalui jalur ini, UBAYA membuka kesempatan bagi calon mahasiswa baru untuk mendaftarkan diri berdasarkan pada nilai rapor dan prestasi-prestasi akademik lainnya. Pendaftar tidak perlu mengikuti seleksi tes tertulis seperti pada jalur lainnya, tetapi hanya mengirimkan data berupa nilai dan prestasi yang dimiliki sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan oleh UBAYA.

Prosedur pendaftarannya dimulai dengan mengisi formulir secara online yang dapat diakses pada laman resmi UBAYA. Lalu, pendaftar membayarkan biaya pendaftaran sebesar 350 ribu Rupiah yang dilakukan dan dikonfirmasikan dengan pihak administrasi UBAYA sesuai dengan petunjuk yang berlaku. Terakhir, pendaftar diminta mengirimkan fotokopi nilai-nilai rapor SMA yang dilegalisir oleh pihak sekolah.

Dengan catatan, pendaftar harus memenuhi syarat umum dan khusus yang meliputi:

  • Lulusan SMA tahun angkatan 2021
  • Memenuhi batas minimal nilai rapor sesuai ketentuan yang berlaku
  • Jalur Tanpa Tes Gelombang 1 dibuka s.d. 8 Oktober 2020.

2. Jalur Tes

Jalur Tes dikenal juga dengan istilah Jalur Umum. Melalui jalur ini, UBAYA mendasarkan pertimbangan penerimaan calon mahasiswa baru pada hasil tes tertulis, yaitu pada Tes Potensi Akademik (TPA).

Tahukah kamu? TPA merupakan sebuah jenis tes yang bertujuan menunjukkan potensi umum atau dasar seseorang tanpa merujuk pada suatu bidang keilmuan tertentu. Jadi, kamu bisa fokus belajar pada soal-soal TPA pada umumnya, yaitu yang menitikberatkan pada kemampuanmu berpikir logis atau kemampuan nalar.

Prosedur pendaftaran untuk jalur masuk ini dimulai dengan melengkapi data diri pada formulir pendaftaran online yang bisa ditemukan di laman resmi UBAYA. Terdapat tombol Daftar Online di muka laman resmi UBAYA, yang selanjutnya akan mengantarkanmu ke pilihan jalur masuk berupa Jalur Tes ini. Lalu, kamu akan dikirimi e-mail konfirmasi dari sistem pendaftaran UBAYA. Dari ini, ikuti tahapan pendaftaran selanjutnya, meliputi pembayaran biaya pendaftaran sesuai nominal yang ditentukan, serta mengikuti ujian TPA sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Jalur Tes Gelombang 1 dibuka s.d. 8 Oktober 2020.

Kesimpulan

Nah, itulah penjelasan mengenai cara daftar online ke Universitas Surabaya atau UBAYA. Untuk memudahkanmu lebih lanjut dalam memperoleh berbagai info dan layanan lain seputar dunia perkuliahan, kamu bisa menggunakan aplikasi goKampus.

UBAYA termasuk salah satu universitas yang bekerja sama dengan aplikasi ini. Nantinya, fitur di aplikasi ini akan menghadirkan segala yang kamu butuhkan akan dunia kuliah, mulai dari prosedur pendaftaran online seperti ini, hingga pendaftaran beasiswa, referensi kegiatan perkuliahan, dan banyak lagi yang bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.