Agar Performance di Lapangan Lancar, Simak 4 Syarat yang Harus Dipenuhi Amplifier

jual audio sound system

Keberadaan power amplifier menjadi hal yang penting dalam performance lapangan, sebab alat ini digunakan untuk penguat dalam rangkaian sistem tata suara. Namun sebelum anda membeli power amplifier pada toko yang jual audio sound system, ketahui beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh amplifier tersebut agar aksi panggung anda berjalan lancar. Simak ulasannya berikut.

Syarat yang Harus Dimiliki Power Amplifier

1. Memiliki Desain yang Optimal

Power amplifier yang memiliki desain optimal pada driver output amplifier tanpa kapasitor (OCL), akan membuat risiko masuknya arus DC di atas ambang aman ke arah speaker bila tidak didesain dengan benar. Dimana masuknya arus DC sendiri tidak boleh lebih besar dari plus minus 50 mV, karena dapat menyebabkan cacat distorsi.

Sound lapangan sendiri umumnya didesain menggunakan system DC servo, agar DCO (tegangan yang masuk ke speaker) menjadi sebesar 0V dan stabil. Selain DCO, anda juga harus memperhatikan adanya arus bias. Dimana arus bias tersebut tidak boleh terlalu besar maupun kurang terutama pada audio lapangan, jadi pastikan amplifier memiliki arus bias yang juga optimal.

2. Memiliki Sistem Proteksi Amplifier

Saat anda membeli power amplifier di toko jual audio sound system, pastikan alat tersebut memiliki sistem proteksi. Karena prioritas dari audio lapangan juga meliputi ketahanan beroperasi serta kehandalan. Jadi apabila terjadi jalur speaker yang konslet, atau beban speaker terlalu rendah maka power amplifier tetap aman dan tidak rusak.

Beberapa sistem proteksi pada power amplifier sendiri yaitu proteksi terhadap kesalahan beban, proteksi terhadap tegangan DC pada speaker, proteksi terhadap suhu yang tinggi, proteksi terhadap kliping, proteksi terhadap lonjakan tegangan atau tegangan transient, dan proteksi pada keseluruhan rangkaian power amplifier tersebut.

3. Transistor Final Beroperasi pada Suhu Aman

Setiap transistor memiliki batasan pada berbagai aspek termasuk juga suhu, dimana suhu yang terlalu panas melampaui batasannya dapat membuat transistor kehilangan performa kerja. Bahkan suhu yang terlampau panas juga bisa menyebabkan transistor terbakar. Oleh sebab itu saat mengunjungi toko jual audio sound system, anda bisa membeli lebih banyak transistor final.

4. Desain PCB dan Pengkabelan yang Memadai

Desain PCB pada audio atau performance di lapangan, tentu tidak dapat anda samakan dengan desain PCB di audio rumahan. Karena pada audio lapangan, terdapat tegangan dan arus yang lebih tinggi untuk menyuplai driver audio tersebut. Jalan dari tembaga PCB yang menuju tegangan tinggi haruslah cukup lebar agar tidak terjadi kebakaran pada jalur.

Selain desain PCB nya, kabel kabel yang ada di dalam rangkaian audio juga harus memadai dan menggunakan kabel yang sesuai. Misalnya penggunaan kabel yang lebar seperti AWG 16, dan lain sebagainya. Dengan desain PCB yang baik di power amplifier, maka performance anda tentu akan berjalan lancar. Hal ini perlu anda perhatikan saat membeli di toko jual audio sound system.

Itulah beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh amplifier atau untuk audio lapangan, agar performance berjalan dengan baik dan lancar. Selain power amplifier, berbagai kebutuhan sound system lapangan lainnya bisa anda temukan di Goshen Swara Indonesia. Dimana platform ini menyediakan berbagai alat sound system terlengkap dengan harga terjangkau.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.