Cara Merawat Tanaman Aglonema Agar Berdaun Lebar dan Cantik

tanaman aglonema

Terlalu banyak kegiatan di rumah seringkali membuat ibu-ibu menjadi jenuh, dan salah satu mengatasinnya dapat dilakukan dengan cara berkebun. Berbagai macam tanaman baik bunga, buah, tanaman toga, hingga pohon kerdil menjadi bahan yang diburu oleh ibu-ibu. Salah satu tanaman hias yang diburu ialah tanaman aglonema. Tanaman aglonema saat ini juga dapat dijadikan sebagai peluang bisnis, dikarenakan harganya yang cukup mahal.

Tanaman aglonema merupakan jenis tanaman hias yang memiliki banyak jenis, seperti: aglonema donacarmen, aglonema dud anjamani, aglonema snow white, aglonemachinnes, dan masih banyak lainnya. Tentunya dari beberapa jenis aglonema memiliki ciri khusus yang berbeda-beda.

Tanaman aglonema banyak diburu karena keindahannya yang luar biasa. Dimana akan menjadikan rumah anda nampak elegan dan juga sejuk ketika dipandang.

Tidak hanya itu, banyak orang membudidayakan aglonema karena cara perawatannya yang dapat dibilang cukup mudah. Tanaman ini sebenarnya tidak membutuhkan perlakuan khusus. Bahkan pada zaman dahulu, tanaman ini tergolong sebagai tanaman liar yang tumbuh di semak-semak. Namun seiring perkembangan zaman dan juga kemajuan pola pikir, tanaman ini dijadikan sebagai tanaman hias.

Salah satu faktor yang mempengaruhi keadaan tanaman aglonema ialah lingkungan dan juga cuaca. Hal ini dikarenakan tanaman aglonema memiliki batang lunak, sehingga cuaca ekstrim dapat membuat tanaman ini menjadi rusak bahkan mati.

Tips Merawat Tanaman Aglonema Agar Subur

Agar aglonema yang anda miliki dapat tumbuh subur, anda dapat menyimak beberapa tips merawat tanaman aglonema agar tumbuh subur berikut ini:

1. Beri Media yang Bagus

Media tanam atau tempat tanaman aglonema tumbuh sebaiknya jangan asal diberi tanah. Beri media berupa campuran pupuk kandang dan juga sekam, sesuai dengan perbandingan 1:1. Baru campurkan dengan tanah. Tanaman aglonema sebaiknya diletakkan dalam pot yang sesuai, artinya tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.

2. Perhatikan Waktu Siram

Tanaman yang sehat tentunya tidak akan kekurangan air dan juga pupuk. Alangkah baiknya jika tanaman aglonema yang anda miliki terjaga kelembabannya. Anda dapat menyiramnya paling tidak satu kali dalam sehari. Jangan terlalu sering atau bahkan tidak sama sekali.

3. Hindarkan Dari Matahari Langsung

Tanaman aglonema merupakan tanaman yang berbatang spons, atau tidak memiliki batang kayu. Sehingga peletakan yang baik ialah di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Anda dapat meletakkan tanaman aglonema anda pada teras rumah atau di sudut ruangan ruman.

4. Kendalikan Hama

Tanaman memang tidak dapat begitu saja bebas dari hama dan gulma. Rajin-rajinlah merawat tanaman anda dengan menjauhkan dari jangkauan hama dan gulma. Selalu kontrol setidaknya dua hari sekali untuk menyemprot tanaman aglonema dengan cairan fungisida.

5. Buang Bunga Aglonema

Ketika aglonema anda berbunga, sebaiknya pangkas dan buang bunga tersebut. Tidak perlu sayang atau khawatir mengurangi keindahannya, karena bunga aglonema justru akan membuat tanaman aglonema menjadi semakin kerdil dan tidak terawat.

6. Gemburkan Media Tanam

Media tanam atau tanah yang sudah lama ditumbuhi aglonema juga dapat memadat. Alangkah baiknya jika anda berperan untuk menggemburkan tanah tersebut. Hal ini bertujuan agar aglonema yang anda miliki dapat tetap menyerap air dan juga zat hara dengan maksimal.

Itu tadi beberapa uraian mengenai cara merawat tanaman aglonema agar berdaun lebar dan cantik. Beberapa tanaman lainnya juga dapat dirawat dengan cara yang sama, sehingga anda tidak perlu lagi khawatir kesusahan merawat tanaman hias anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *