3 Macam Prinsip Kerja Beserta Pengaplikasian Vacuum Pump

3 Macam Prinsip Kerja Beserta Pengaplikasian Vacuum Pump

 

Untuk menciptakan sebuah ruangan yang hampa udara tentunya suatu industry membutuhkan bantuan sebuah mesin. Mesin yang bisa membuat ruangan menjadi vakum dikenal dengan sebutan vacuum pump atau lebih umumnya pompa vakum. Vacuum pump perlu kamu ketahui merupakan sebuah mesin yang berguna untuk menciptakan ruangan hampa dalam kondisi ruangan yang tertutup. Beragam vacuum pump sudah digunakan dalam berbagai industry negeri ini loh guna membantu line produksi di pabrik menjadi lebih lancar. Komponen dari vacuum pump sendiri sangatlah banyak salah satunya yang utama adalah kompresor screw, yang mana merupakan komponen mesin yang mentenagai vacuum pump untuk menghasilkan keadaan vakum.

Memahami vacuum pump tentunya tidak bisa terlepas dari yang namanya bagaimana mesin tersebut bekerja dan pengaplikasian nyata dari mesin tersebut. Selain itu juga kamu juga penting mempelajari berbagai komponen penyusunnya agar bisa menggunakan dan merawatnya sesuai dengan fungsi kerjanya secara optimal. Misalnya jika kamu mendapatkan kondisi dimana kompresor screw rusak atau retak, maka carilah pengganti kmponen tersebut yang asli dan resmi. Sehingga langkah tepat yang harus kamu tempuh adalah memahami masalah kerusakannya dan datang ke supplier screw compressor yang mengantongi izin edar resmi dan bergaransi. Dengan begitu komponen tersebut pasti sudah standar pabrik dan bisa optimal dalam menjalankan fungsi kerjanya.

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai komponen tentunya ada baiknya kita memahami prinsip kerja yang dipunyai vacuum pump dan biasanya ditemukan dalam aplikasi apa saja. Dengan begitu kamu tidak akan bingung jika harus memahami lebih lanjut tentang vacuum pump.

Prinsip Kerja dalam Sebuah Mesin Vacuum Pump

Vacuum pump mempunyai ragam jenis sehingga prinsip kerjanya pun terdapat perbedaan yang patut untuk kita ketahui lebih lanjut. Berikut beberapa prinsip kerja yang dimiliki oleh vacuum pump didasarkan pada tipenya.

Vacuum Pump dengan Prinsip Positive Displacement

Cara kerjanya berdasarkan mesin mekanis, dimana suatu volume akan terus dikembangkan atau diekspansi secara continue, kemudian gas atau udara yang didapatkan akan dipompa keluar dan dilepaskan di atmosfer. Tekanan udara yang besar dari penyerapan gas tersebut akan mampu membuat silinder bergerak dan secara bertahap menghasilkan ruangan vakum.

Vacuum Pump Berdasar Prinsip Kerja Momentum Transfer

Dalam ilmu mekanis momentus transfer memanfaatkan fluida bertekanan untuk menghasilkan ruangan hampa udara. Fluida tersebut akan dipompa dengan kecepatan yang sangat tinggi guna menyerap semua udara yang ada di ruangan tertutup dan kemudian barulah bisa tercipta sebuah ruangan yang hampa udara atau vacuum.

Vacuum Pump Menggunakan Entrapment

Pompa vakum yang satu ini menggunkan bantuan sebuah zat padat yang mempunyai fungsi absorber. Zat padat inilah yang kemudian akan melakukan pengikatan pada zat gas yang ada di ruangan. Setelah pengikatan berhasil maka ruangan tertutup tersebut akan menjadi ruangan vacuum.

Nah secara umum bisa kita garis bawahi bahwa prinsipnya pompa vakum akan melakukan perluasa atau ekspansi volume ruangan yang mana hal tersebut akan membuat tekanan turun menjadi vakum secara parsial. Selanjutnya terdapat sistem sealing yang mana bisa menghambat udara untuk memasuki ruangan kembali. Kemudian pompa yang sudah menarik udara dalam ruangan, udara tersebut akan dibuang ke lingkungan luar dan proses pun berlanjut kembali seperti itu.

Pengaplikasian Sebuah Vacuum Pump Baik di Industry Maupun Kehidupan Sehari-hari

Dalam kehidupan sehari-hari tentunya kita tidak bisa melepaskan diri dari penggunaan air untuk memenuhi kebutuhan. Air yang dihasilkan dari sumur atau air tanah tidak bisa serta merta kita gunakan jika tanpa bantuan pompa air. Mesin pompa air inilah aplikasi yang paling simpel dari vacuum pump, dimana air yang ada di dalam tanah akan terangkat karena disisi-sisinya terdapat kondisi vakum.

Bagi tipe pompa vakum dengan prinsip positive displacement terdapat banyak jenis diantaranya yang banyak digunakan adalah rotary vane pump yang di dalamnya menggunakan screw compressor sebagai penggeraknya. Kemampuannya untuk menghasilkan ruangan vakum selama 24 jam full membuatnya lebih disukai, selain itu faktor tidak adanya uap air yang mengotori udara juga menjadi poin plus bagi kompresor screw ini. Pompa vakum lainnya yang masuk dalam kategori positive displacement itu seperti pompa diafragma, kemudian piston pump, lalu ada screw pump, ada roots blower dan sebagainya.

Untuk aplikasi pada industry kita vacuum pump banyak digunakan untuk industry pesawat terbang dimana difungsikan pada instrument pengontrol giroskop. Selanjutnya juga digunakan pada industry pencetakan plastic, kemudian coating, membuat sebuah lampu listrikl, lalu juga dibutuhkan untuk industry proses semikonduktor, selanjutnya juga sebagai pemberi daya pada kendaraan bermotor (peredam, kemudian rem hidrolik, dan sebagainya)

 

Beberapa prinsip kerja dasar yang dimiliki oleh vacuum pump diatasĀ  setidaknya harus kamu pahami sebelum kamu bergerak memahami komponennya. Karena komponen-komponennya untuk mesin tersebut agar berfungsi maksimal juga membutuhkan perawatan yang ekstra hati-hati. Sehingga untuk industry besar alangkah baiknya menggunakan komponen yang asli atau beli di supplier screw compressor yang bergaransi resmi seperti Intidaya Dinamika Sejati agar kualitas terjamin dan bisa menghadapi proses produksi yang optimal.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.