Tips Dan Trik Pemasangan Pipa PVC Agar Kuat Dan Tidak Bocor

Tips Dan Trik Pemasangan Pipa PVC Agar Kuat Dan Tidak Bocor

Tahukah anda bahwa melakukan pemasangan pipa PVC harus benar agar kuat dan tidak mudah bocor? PVC merupakan pipa yang biasanya digunakan untuk instalasi air rumah tangga baik untuk saluran air bersih maupun pembuangan air kotor. Nah dalam pengerjaannya, meskipun pemasangan pipa ini bisa dilakukan oleh orang awam tentu harus tahu trik pemasangan.

Gunanya tentu saja agar pipa yang dipasang tetap awet tanpa ada kendala di masa yang akan datang seperti misalnya sambungan pipa lepas atau pipa pecah dan mengalami kebocoran. Untuk itu Anda harus tahu tips dan trik dalam pemasangan pipa PVC supaya instalasinya tepat dan sempurna.

  • Persiapan alat perpipaan, penggunaan pipa PVC paralon umum dilakukan dalam instalasi pemasangan air. Nah untuk menemukan PVC terbaik Anda bisa memilih jenis pipa PVC dari merk Rucika. Ini karena Rucika punya banyak keunggulan dan juga harganya lebih terjangkau dibanding merk lain. Selain pipa dibutuhkan pula sambungan pipa yang modelnya bisa dipilih berdasarkan kebutuhan. Misalnya saja fitting jenis elbow untuk sambungan yang arahnya 90° ataupun setengahnya. Lalu ada pula pipa jenis flock shock Yang bisa dimanfaatkan untuk instalasi penyambungan dua pipa sekaligus dengan diameter yang sama. Ada pula sambungan pipa dengan jenis reducer socket, sambungan ini mampu menggabungkan dua pipa yang punya diameter berbeda. Kemudian ada pipa tee untuk penyambungan tiga pipa sekaligus dengan diameter yang sama dan juga valve shock yang mampu menyambungkan pipa dan keran.
  • Pemasangan pipa, setelah itu masuk ke proses pemasangan pipa dengan menggunakan lem khusus pipa. Anda bisa memilih lem pipa yang punya bahan yang sama dengan pipa agar proses penyambungan lebih mudah dilakukan. Sebelum penyambungan antara pipa dan fitting dibutuhkan pula pembersihan permukaan atau ujung pipa dengan menggunakan cairan pembersih ataupun lap bersih. Pengolesan lem pipa harus dilakukan secara merata agar sambungannya kuat. Setelah penyambungan pipa maka biarkan lem pipa ini kering selama 24 jam dan penyambungan lebih sempurna. Untuk penyambungan pipa lebih maksimal Anda bisa menggunakan valve socket dengan tambahan seltip.
  • Penyambungan pipa yang bocor, meski Anda menggunakan pipa PVC Rucika yang punya kualitas bagus tapi tetap ada peluang pipa mengalami kebocoran karena mungkin instalasinya tidak dilakukan dengan baik. Ketika pipa bocor maka anda bisa memperbaikinya dengan tips berikut. Cari di mana sumber masalah yaitu bagian pipa yang bocor. Kemudian jika pipa sudah tidak memungkinkan lagi untuk ditambal maka anda bisa mengganti bagian pipa yang bocor dengan potongan pipa yang baru. Melakukan pemotongan pipa yang bocor tentu harus memakai alat pemotong khusus. Penggantian pipa yang bocor tersebut agar lebih kuat lagi maka bisa dengan merekatkan lem.

Nah jadi itu tadi beberapa tips dalam pemasangan pipa PVC agar lebih awet dan tahan lama. Jika anda ingin menggunakan PVC dari Rucika maka bisa membelinya di toko bangunan terdekat ataupun toko offline. Rucika sendiri merupakan merek untuk produk perpipaan yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu dan dipercaya masyarakat untuk instalasi pipa air pada rumah tangga, gedung, pertanian hingga pertambangan. Untuk semua produk perbedaan Rucika yang diproduksi sudah memiliki standar SNI, jadi tentu saja aman digunakan oleh masyarakat. Terlebih produk pipa Rucika juga sangat ramah lingkungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.