Gerakan Bayi Dalam Kandungan Bermacam-Macam, Lho Moms!

gerakan bayi dalam kandungan

Hal yang paling menyenangkan selama masa kehamilan yaitu menyaksikan perut berubah menjadi semakin besar. Perubahan ini juga menandakan bahwa bayi yang Anda kandung pun juga tumbuh besar. Anda pun dapat merasakan gerakan bayi dalam kandungan ketika usia kandungan Anda masuk minggu ke 16. Gerakan aktif yang dilakukan oleh bayi ini tentu membuat Anda penasaran karena setiap gerakan bayi tersebut menimbulkan sensasi tersendiri bagi para ibu hamil.

7 Macam Gerakan Bayi di Perut Sang Ibu

Menendang adalah gerakan bayi yang paling sering diungkapkan oleh para ibu hamil. Namun, selama berada di dalam kandungan ternyata bayi juga sering melakukan gerakan lainnya. Berikut adalah gerak-gerakan yang dilakukan bayi ketika berada di dalam perut sang ibu.

Mengulet

Bayi juga tidur selama berada di dalam kandungan sehingga ketika terbangun dari tidur bayi akan menggeliat. Gerakan menggeliat ini bertujuan untuk meregang otot-otot mengingat ruangan di dalam rahim yang sempit. Selain itu, ngulet juga bisa menjadi olahraga kecil yang dilakukan oleh bayi. Anda akan lebih bisa merasakan gerakan ini ketika Anda tidur dengan posisi terlentang.

Meninju

Semakin bertambah usia kehamilan sang ibu maka akan semakin aktif pula janin yang ada di dalam kandungan. Pada masa-masa ini ibu hamil akan sering merasakan gerakan seperti bayi meninju perut sang ibu. Gerakan meninju ini menandakan otot tangan bayi berkembangan dengan baik.

Ibu hamil akan merasa nyeri atau sakit akibat dari pergerakan sang bayi di dalam perut. Namun, Anda dapat memanfaat momen ini dengan mengajak bayi Anda berbicara. Komunikasi ibu dan bayi selama kehamilan akan membuat perasaan keduanya semakin kuat.

Cegukan pada Bayi di Perut

Saat bayi ada di perut sang ibu biasanya akan ada rasa seperti di ketuk yang berulang kali. Nah gerakan ketukan tersebutlah yang dinamakan dengan cegukan pada bayi yang terjadi di perut.

Salah satu penyebab si bayi cegukan adalah karena sang bayi menelan air ketuban sang ibu. Anda pun tidak perlu khawatir karena cegukan ini mengindikasikan bahwa bayi Anda memiliki pencernaan yang baik. Anda dapat mengelus perut Anda dengan lembut agar bayi menjadi lebih tenang dan cegukan segera hilang.

Berguling

Selama berada di dalam kandungan bayi memiliki ruang gerak yang terbatas. Hal inilah terkadang yang membuat bayi terus aktif menendang hingga mendapatkan posisi yang nyaman. Bahkan, ketika bayi berusaha mencari posisi nyaman ibu hamil akan merasakan gerakan seperti bayi sedang berguling.

Tendangan

Tendangan bayi merupakan gerakan yang paling sering membuat ibu hamil merasakan sensasi sakit atau ngilu. Kekuatan tendangan bayi ini juga akan semakin terasa kencang ketika usia kandungan semakin tua. Gerakan yang sedang dilakukan bayi akan terlihat dari tonjolan perut sang ibu. Anda harus berbahagia menyaksikan perkembangan ini karena itu artinya Anda mengandung bayi yang sehat dan kuat.

Mengisap Ibu Jari

Gerakan lain yang dilakukan bayi selama dalam kandungan yang akan membuat Anda tersentuh yaitu mengisap ibu jarinya. Gerakan ini hanya bisa dilihat ketika Anda memeriksakan kandungan menggunakan USG. Umumnya, janin akan mengisap ibu jari mereka ketika sang ibu sedang makan. Bayi akan mendapatkan sari makanan tersebut dari plasenta.

Menggelitik

Ketika ibu hamil akan beristirahat di malam hari biasanya akan merasakan sensasi menggelitik yang terasa di tulang rusuk. Hal ini adalah kegiatan yang dilakukan bayi karena bermain dengan air ketuban. Agar bayi di dalam perut lebih cepat tidur maka Anda dapat mengusap-usap perut dengan lembut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.