Cara Mengganti Aki Mobil Secara Sederhana

aki mobil

Bergantung pada seberapa banyak Anda mengemudi, aki mobil Anda harus bertahan antara satu dan empat tahun. Karena baterainya berat, sangat korosif, dan berpotensi mudah terbakar, banyak pengemudi mengabaikan pendekatan DIY dan meminta seorang profesional untuk mengganti Aki mereka yang mati. Jika Anda berada di jalan saat aki mobil Anda mati, Anda mungkin memerlukan bantuan di pinggir jalan. Namun jika baterai di rumah Anda habis atau sudah melewati ‘tanggal pakai’ dan Anda ingin menggantinya sendiri, berikut adalah cara mengganti aki mobil Anda sendiri.

Keselamatan Adalah yang Pertama dan Utama

Anda memerlukan kunci pas yang dapat disesuaikan, sarung tangan karet sekali pakai, lap bersih yang tidak berbulu, sedikit soda kue dan air, sikat baterai atau alat pasca-pembersihan, dan kacamata pengaman. Matikan mesin Anda dan letakkan kendaraan di halaman. Setel rem parkir. Sebarkan handuk di spakbor Anda untuk melindungi cat dari asam korosif. Selalu baca buku manual mobil Anda terlebih dahulu.

Langkah-Langkah Mengganti Aki Mobil

Prosedur normal untuk cara mengganti aki mobil adalah sebagai berikut:

Langkah 1. Lepaskan kabel dari terminal baterai. Untuk kendaraan dengan arde negatif, kendorkan mur dan baut yang menahan penjepit kabel aki ke terminal negatif (ini akan diberi label dengan tanda minus atau ‘NEG’). Jika mobil Anda memiliki ground positif, Anda akan melonggarkan kabel positif terlebih dahulu (buku manual Anda akan memberitahu Anda mobil mana yang Anda miliki dan urutan yang benar untuk melepas kabel baterai).

Langkah 2. Lepaskan sekrup atau pengencang yang menahan baterai di tempatnya; lalu Lepaskan Aki mobil Anda. Ingat dimana Anda meletakkan sekrup baterai dan jangan biarkan berguling di bawah mobil. Kenakan sarung tangan saat mengangkat baterai dengan hati-hati.

Langkah 3. Periksa baki tempat baterai lama diletakkan. Jika baki di bawahnya berkarat atau menunjukkan endapan korosif, larutkan sedikit soda kue ke dalam air dan gunakan larutan ini untuk membersihkan baki. Jangan lakukan ini tanpa mengenakan sarung tangan terlebih dahulu. Ini juga saatnya untuk membersihkan terminal baterai Anda.

Langkah 4. Posisikan aki mobil baru Anda di baki. Periksa kembali apakah itu menghadap ke arah yang sama dengan yang sebelumnya dan berada di tempatnya dengan tepat.

Langkah 5. Pasang kembali sekrup/pengencang ke baterai baru untuk mengamankannya di tempatnya. Baterai sekarang harus bebas dari kemungkinan “goyangan”.

Langkah 6. Sambungkan kembali kabel baterai Anda dalam urutan terbalik saat Anda melepasnya. Misalnya di mobil ground negatif kabel positif disambungkan kembali terlebih dahulu. Pastikan semua klem yang disambungkan kembali terikat dengan kuat.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.